Tosora Solutions

Call Now: (021) 2280 2235

Conflict Management Skills

 Registration Closed
 
0
Category
Tosora Solutions
Date
11 September 2014 08:30
Venue
Grand Sahid Jakarta - Jalan Jend. Sudirman No.Kav.86, Tanah Abang, Central Jakarta City
Jakarta 10250, Indonesia
Email
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Conflict Management Skills Training

Tujuan Pelatihan

Pada akhir pelatihan ini, peserta diharapkan dapat:

  • Menyadari terjadinya konflik dan perkembangannya dari waktu ke waktu sehingga Anda dapat mengatasinya secara lebih efektif.
  • Memilih gaya resolusi konflik yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Mengelola emosi Anda dan mempengaruhi (emosi) orang lain ketika terjadi konflik
  • Menyadari Pendekatan Taktis yang digunakan saat berinteraksi dengan orang lain yang dapat menyebabkan konflik dan mengambil langkah yang tepat untuk menghindari konflik berkembang.
  • Menegosiasikan apa yang Anda inginkan dan beralih ke hasil yang win-win solutions.
  • Mencegah konflik yang destruktif di tempat kerja

Desain pelatihan

Pelatihan ini didesain untuk memberikan bekal kepada para peserta bagaimana memahami konflik, mendeteksi tanda-tanda eskalasi konflik, merespon tanda-tanda tersebut dengan tindakan yang tepat, dan akhirnya menggunakan teknik yang efektif untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Pelatihan ini berfokus pada aspek-aspek positif dan produktif dari sebuah konflik dan menjelaskan bagaimana kita bisa mendapatkan keuntungan dari situasi yang sering dipersepsikan sebagai sesuatu yang negatif dan destruktif. Sebab konflik, jika dikelola dengan benar, dapat meningkatkan sikap pengertian dan kebijaksanaan (wisdom).

Peserta akan diperkenalkan dengan berbagai taktik psikologis yang biasa digunakan oleh orang lain sebagai cara untuk menciptakan konflik. Memahami taktik dan mind games semacam ini akan memungkinkan seseorang untuk mempersiapkan dan merespon secara efektif, untuk mencegah terjadinya konflik .

Peserta juga akan dibekali keterampilan emosi yang penting dalam berhubungan dengan orang lain, dan belajar bagaimana mengendalikan emosi mereka serta orang lain, dan mengarahkan segala macam perdebatan ke hasil yang win-win solutions.

Dengan desain program tersebut di atas—yang menggunakan sejumlah metode dan pendekatan yang sistematis, kami berharap bahwa pelatihan ini akan membantu peserta untuk menguasai keterampilan mengelola konflik ini dengan cepat dan efisien .

Outline Materi:

  1. Orientasi umum: Pengantar, Perkenalan, Metode & Desain Pelatihan
  2. Asesmen Conflict Management Skills
  3. Memahami  konflik dan penyebabnya: definisi, siklus, dan penyebabnya.
  4. Cara menangani konflik: 6 langkah efektif mengelola konflik.
  5. Cara memilih gaya resolusi konflik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Cara mengelola emosi Anda dan taktik psikologis ketika terjadi konflik.
  7. Cara menanggapi dan bereaksi terhadap konflik.
  8. Cara bernegosiasi win-win solutions untuk menyelesaikan konflik.
  9. Cara mencegah konflik yang destruktif di tempat kerja/organisasi

Metode Pelatihan:

Experiential Learning: ceramah interaktif, curah gagasan, role-playing, & permainan/simulasi (games). Dilengkapi asesmen konflik & didukung kru audio visual yang merekam proses untuk kepentingan debrief materi.

Metodologi Pelatihan

Experiential learning;

  • Menekankan pada pengolahan pengalaman dan penemuan pengetahuan secara partisipatif dan hubungan pembelajar (paritisipan) dan pengajar (fasilitator) bersifat setara.
  • Karena formatnya experiential learning, diharapkan partisipasi dan penerapan wawasan dan keterampilan yang dimiliki untuk kesuksesan pelatihan.
  • Semua peserta agar memberi masukan sekaligus memperoleh manfaat maksimal dari pelatihan.

Metode 

Metode Workshop akan menggunakan sejumlah pendekatan yang sesuai bagi orang dewasa (adult learner), termasuk;

  • Ceramah interaktif
  • Diskusi Kelompok/Curah gagasan
  • Bermain Peran (Role-playing)
  • Studi dan Contoh Kasus (Case Studies)
  • Permainan dan simulasi (Games)
  • Pemanfaatan teknologi & fasilitas media interaktif, termasuk audio visual, video, powerPoint, dll

Fasilitas Peserta

  • Conflict Style Assesment
  • Materi Pelatihan
  • Dokumentasi Acara/Foto (soft copy)
  • Ruang Pelatihan
  • Training Kit (Notebook, Ballpoint, Name Tag, Tas)
  • Makan siang
  • Coffee Break 2 kali 
  • Sertifikat
 
 

All Dates

  • 11 September 2014 08:30

List of Participants

 No Participant 
 

Powered by iCagenda

Home Events Conflict Management Skills

Live support

Available Monday - Friday, 8 AM - 5 PM EST